Tips Makan Makanan Enak Tanpa Khawatir Gemuk

Setiap orang tentu mendambakan punya tubuh sehat dengan berat badan yang ideal. Setiap orang hampir dipastikan juga ingin makan makanan yang enak. Tetapi banyak yang menilai bahwa makan dalam porsi banyak dan makanan yang enak itu bisa membuat gemuk dan tidak menyehatkan. Nah, hal itu kerap mengusik pikiran kita.

Tips-Makan-Makanan-Enak-Tanpa-Khawatir-Gemuk

Dari pada mengganggu kenikmatan makan, di bawah ini ada 5 cara agar Anda tetap bisa makan makanan enak tanpa khawatir gemuk. Berikut kiat-kiatnya seperti dikutip dari Women’s Weekly:

1. Makan dengan piring yang lebih kecil

Saat makan (apalagi saat menghadiri sebuah pesta), pasti akan ada perasaan tidak enak dengan tuan rumah, sehingga mengambil makanan cenderung sedikit. Nah untuk menyiasatinya, cobalah makan dengan memakai piring yang lebih kecil.

Ketika Anda memakai piring yang besar sebenarnya tanpa sadar membuat otak Anda berpikir bahwa ukuran porsi lebih kecil, yang membuat Anda mungkin makan lebih banyak. Ilmuwan menyebut hal ini sebagai ‘ilusi Delboeuf‘. Sebaliknya, makan dengan piring lebih kecil, Anda bisa menipu otak agar merasa puas dengan porsi sedikit tersebut.

2. Mengunyah makanan secara perlahan

Mengunyah makanan secara perlahan memiliki banyak manfaat. Penelitian menunjukkan bahwa makan secara perlahan bisa meningkatkan rasa kenyang dan kepuasaan saat makan. Hal ini sangat membantu Anda dalam mencegah makan berlebih.

3. Seimbangkan makanan yang kaya energi dengan cemilan sehat

Umumnya, makanan favorit adalah makanan yang mengandung gula dan lemak yang tinggi. Jenis makanan seperti ini contohnya kue tart, kue lapis dan sebagainya. Ada baiknya, salurkan makanan favorit Anda dengan beberapa pilihan sehat tapi mengenyangkan.

Misal, kacang-kacangan dan biji-bijian. Makanan ini mengandung tinggi serat, antioksidan, vitamin B6, dan juga protein. Selain itu buah-buahan juga bisa dijadikan pilihan karena mengandung serat, antioksidan, vitamin, dan mineral. Vitamin C yang terkandung dalam buah-buahan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memuaskan hasrat manis serta bermanfaat untuk mencegah sembelit.

4. Minum minuman yang benar

Jenis minuman beralkohol seperti bir atau anggur hanya akan menambah sensasi tidak nyaman. Hal yang sama berlaku juga pada minuman mengandung kadar gula tinggi. Untuk orang dewasa, Dewan Promosi Kesehatan merekomendasikan untuk tidak melebihi 11 sendok teh asupan gula per hari. Pilihan terbaik adalah air biasa yang bebas kalori. Sebagai alternatif, minum tanpa pemanis seperti teh hijau adalah hal yang bermanfaat.

5. Luangkan waktu untuk beraktivitas fisik

Di saat Anda menikmati makanan enak, tidak ada salahnya jika meluangkan waktu untuk membakar ekstra kalori dengan jalan santai, melakukan pekerjaan ringan, ataupun bersepeda. Jalan secara perlahan (lamban) ditengarai bisa membantu pencernaan. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan tangga untuk melakukan aktivitas fisik.

Demikian tips diet kali ini, semoga bermanfaat